Tetris adalah sebuah game yang merupakan game teka-teki yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985. Hampir semua orang familiar atau pernah memainkan game tersebut. Game Tetris sampai saat ini masih ada di berbagai device dan keluar dengan berbagai bentuk pengembagan lainnya dari game tersebut.
Kamu juga bisa mendasain dan membuat game Tetris ini dengan berbagai bahasa pemrograman favorit kamu. Salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah Java. Kali ini kamu akan mendapat tutorial bagaimana membuat game Tetris dengan Java. Berikut adalah Cara Membuat Game Tetris Dengan Java :
Buat Class Kotak
Class ini akan membentuk komponen kotak-kotak balok pada game Tetris. Dan ada fungsi-fungsi untuk memutar balok ke kiri,kanan, melakukan random pada kotak yang keluar, dan fungsi pergeseran ke kiri dan kanan kotak.
import java.util.Random; import java.lang.Math; public class Kotak { enum Komponen { Kosong, BentukZ, BentukS, BentukBatang, BentukT, BentukKotak, BentukL, BentukL2 }; private Komponen potonganKomponen; private int kordinat[][]; private int[][][] tableKordinat; public Kotak() { kordinat = new int[4][2]; setKomponen(Komponen.Kosong); } public void setKomponen(Komponen komponen) { tableKordinat = new int[][][] { { { 0, 0 }, { 0, 0 }, { 0, 0 }, { 0, 0 } }, { { 0, -1 }, { 0, 0 }, { -1, 0 }, { -1, 1 } }, { { 0, -1 }, { 0, 0 }, { 1, 0 }, { 1, 1 } }, { { 0, -1 }, { 0, 0 }, { 0, 1 }, { 0, 2 } }, { { -1, 0 }, { 0, 0 }, { 1, 0 }, { 0, 1 } }, { { 0, 0 }, { 1, 0 }, { 0, 1 }, { 1, 1 } }, { { -1, -1 }, { 0, -1 }, { 0, 0 }, { 0, 1 } }, { { 1, -1 }, { 0, -1 }, { 0, 0 }, { 0, 1 } } }; for (int i = 0; i < 4 ; i++) { for (int j = 0; j < 2; ++j) { kordinat[i][j] = tableKordinat[komponen.ordinal()][i][j]; } } potonganKomponen = komponen; } private void setX(int index, int x) { kordinat[index][0] = x; } private void setY(int index, int y) { kordinat[index][1] = y; } public int x(int index) { return kordinat[index][0]; } public int y(int index) { return kordinat[index][1]; } public Komponen getShape() { return potonganKomponen; } public void acakBentukKeluar() { Random r = new Random(); int x = Math.abs(r.nextInt()) % 7 + 1; Komponen[] values = Komponen.values(); setKomponen(values[x]); } public int minX() { int m = kordinat[0][0]; for (int i=0; i < 4; i++) { m = Math.min(m, kordinat[i][0]); } return m; } public int minY() { int m = kordinat[0][1]; for (int i=0; i < 4; i++) { m = Math.min(m, kordinat[i][1]); } return m; } public Kotak putarKiri() { if (potonganKomponen == Komponen.BentukKotak) return this; Kotak result = new Kotak(); result.potonganKomponen = potonganKomponen; for (int i = 0; i < 4; ++i) { result.setX(i, y(i)); result.setY(i, -x(i)); } return result; } public Kotak putarKanan() { if (potonganKomponen == Komponen.BentukKotak) return this; Kotak result = new Kotak(); result.potonganKomponen = potonganKomponen; for (int i = 0; i < 4; ++i) { result.setX(i, -y(i)); result.setY(i, x(i)); } return result; } }
Membuat Class Papan
Pada Class Papan adalah class untuk mengelola behavior dari berjalannya game. Berikut code-nya:
import java.awt.Color; import java.awt.Dimension; import java.awt.Graphics; import java.awt.event.ActionEvent; import java.awt.event.ActionListener; import java.awt.event.KeyAdapter; import java.awt.event.KeyEvent; import javax.swing.JLabel; import javax.swing.JPanel; import javax.swing.Timer; import tetris.Kotak.Komponen; public class Papan extends JPanel implements ActionListener { final int lebar = 10; final int tinggi = 22; Timer timer; boolean isFallingFinished = false; boolean isStarted = false; boolean isPaused = false; int numLinesRemoved = 0; int curX = 0; int curY = 0; JLabel statusbar; Kotak curPiece; Komponen[] papan; public Papan(Main parent) { setFocusable(true); curPiece = new Kotak(); timer = new Timer(400, this); timer.start(); statusbar = parent.getStatusBar(); papan = new Komponen[lebar * tinggi]; addKeyListener(new Tombol()); hapus(); } public void actionPerformed(ActionEvent e) { if (isFallingFinished) { isFallingFinished = false; potonganBaru(); } else { oneLineDown(); } } int lebarKotak() { return (int) getSize().getWidth() / lebar; } int tinggiKotak() { return (int) getSize().getHeight() / tinggi; } Komponen komponenAt(int x, int y) { return papan[(y * lebar) + x]; } public void start() { if (isPaused) return; isStarted = true; isFallingFinished = false; numLinesRemoved = 0; hapus(); potonganBaru(); timer.start(); } private void pause() { if (!isStarted) return; isPaused = !isPaused; if (isPaused) { timer.stop(); statusbar.setText("paused"); } else { timer.start(); statusbar.setText(String.valueOf(numLinesRemoved)); } repaint(); } public void paint(Graphics g) { super.paint(g); Dimension size = getSize(); int papanTop = (int) size.getHeight() - tinggi * tinggiKotak(); for (int i = 0; i < tinggi; ++i) { for (int j = 0; j < lebar; ++j) { Komponen komponen = komponenAt(j, tinggi - i - 1); if (komponen != Komponen.Kosong) membuatKomponen(g, 0 + j * lebarKotak(), papanTop + i * tinggiKotak(), komponen); } } if (curPiece.getShape() != Komponen.Kosong) { for (int i = 0; i < 4; ++i) { int x = curX + curPiece.x(i); int y = curY - curPiece.y(i); membuatKomponen(g, 0 + x * lebarKotak(), papanTop + (tinggi - y - 1) * tinggiKotak(), curPiece.getShape()); } } } private void turunkanPenuh() { int newY = curY; while (newY > 0) { if (!tryMove(curPiece, curX, newY - 1)) break; --newY; } menurunkanKomponen(); } private void oneLineDown() { if (!tryMove(curPiece, curX, curY - 1)) menurunkanKomponen(); } private void hapus() { for (int i = 0; i < tinggi * lebar; ++i) papan[i] = Komponen.Kosong; } private void menurunkanKomponen() { for (int i = 0; i < 4; ++i) { int x = curX + curPiece.x(i); int y = curY - curPiece.y(i); papan[(y * lebar) + x] = curPiece.getShape(); } hapusBarisPenuh(); if (!isFallingFinished) potonganBaru(); } private void potonganBaru() { curPiece.acakBentukKeluar(); curX = lebar / 2 + 1; curY = tinggi - 1 + curPiece.minY(); if (!tryMove(curPiece, curX, curY)) { curPiece.setKomponen(Komponen.Kosong); timer.stop(); isStarted = false; statusbar.setText("GAME OVER"); } } private boolean tryMove(Kotak potonganBaru, int newX, int newY) { for (int i = 0; i < 4; ++i) { int x = newX + potonganBaru.x(i); int y = newY - potonganBaru.y(i); if (x < 0 || x >= lebar || y < 0 || y >= tinggi) return false; if (komponenAt(x, y) != Komponen.Kosong) return false; } curPiece = potonganBaru; curX = newX; curY = newY; repaint(); return true; } private void hapusBarisPenuh() { int jumlah = 0; for (int i = tinggi - 1; i >= 0; --i) { boolean barisPenuh = true; for (int j = 0; j < lebar; ++j) { if (komponenAt(j, i) == Komponen.Kosong) { barisPenuh = false; break; } } if (barisPenuh) { ++jumlah; for (int k = i; k < tinggi - 1; ++k) { for (int j = 0; j < lebar; ++j) papan[(k * lebar) + j] = komponenAt(j, k + 1); } } } if (jumlah > 0) { numLinesRemoved += jumlah; statusbar.setText(String.valueOf(numLinesRemoved)); isFallingFinished = true; curPiece.setKomponen(Komponen.Kosong); repaint(); } } private void membuatKomponen(Graphics g, int x, int y, Komponen komponen) { Color colors[] = { new Color(0, 0, 0), new Color(204, 0, 0), new Color(0, 204, 0), new Color(100, 0, 0), new Color(204, 0, 100), new Color(204, 100, 0), new Color(204, 100, 100), new Color(218, 170, 0) }; Color color = colors[komponen.ordinal()]; g.setColor(color); g.fillRect(x + 1, y + 1, lebarKotak() - 2, tinggiKotak() - 2); g.setColor(color.brighter()); g.drawLine(x, y + tinggiKotak() - 1, x, y); g.drawLine(x, y, x + lebarKotak() - 1, y); g.setColor(color.darker()); g.drawLine(x + 1, y + tinggiKotak() - 1, x + lebarKotak() - 1, y + tinggiKotak() - 1); g.drawLine(x + lebarKotak() - 1, y + tinggiKotak() - 1, x + lebarKotak() - 1, y + 1); } class Tombol extends KeyAdapter { public void keyPressed(KeyEvent e) { if (!isStarted || curPiece.getShape() == Komponen.Kosong) { return; } int geser = e.getKeyCode(); if (geser == 'p' || geser == 'P') { pause(); return; } if (isPaused) return; switch (geser) { case KeyEvent.VK_LEFT: tryMove(curPiece, curX - 1, curY); break; case KeyEvent.VK_RIGHT: tryMove(curPiece, curX + 1, curY); break; case KeyEvent.VK_DOWN: tryMove(curPiece.putarKanan(), curX, curY); break; case KeyEvent.VK_UP: tryMove(curPiece.putarKiri(), curX, curY); break; case KeyEvent.VK_SPACE: turunkanPenuh(); break; case 'g': oneLineDown(); break; case 'G': oneLineDown(); break; } } } }
Terakhir Membuat Class Main Dari Game Tetris
Class Main adalah main dari aplikasi game Tetris yang dibuat.
import java.awt.BorderLayout; import javax.swing.JFrame; import javax.swing.JLabel; public class Main extends JFrame { JLabel statusbar; public Main() { statusbar = new JLabel(" 0"); add(statusbar, BorderLayout.SOUTH); Papan board = new Papan(this); add(board); board.start(); setSize(400, 800); setTitle(""); setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE); } public JLabel getStatusBar() { return statusbar; } public static void main(String[] args) { Main game = new Main(); game.setLocationRelativeTo(null); game.setVisible(true); } }
Itulah Cara Membuat Game Tetris Dengan Java.
Terima kasih.
Comments
Post a Comment