Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Masih ingat bagaimana kita membuat daftar isi pada ms.word pertama kali? saat pertama kali membuat daftar isi, banyak diantara kita yang menggunakan cara manual atau menekan titik hingga ujung margin(titikkkk stop..eh kelebihan, hapus hapus..). Dan hasilnya pun tidak lurus setiap nomornya. Contohnya :
bab 1...............................1
bab2..............................3
bab3.................................4
betul bukan??
nah kali ini kami ingin berbagi tips agar daftar isi pada ms.word dapat dibuat secara otomatis.
- Pertama yang harus dilakukan adalah memberikan Heading pada setiap judul/topik maupun subjudul/subtopik. Untuk judul/topik utama gunakanlah Heading 1. Perhatikan gambar berikut :
- Selanjutnya adalah pada subjudul/subtopik. Gunakan Heading 2. Perhatikan gambar berikut :
- Apabila ada dan dibutuhkan sub dari subjudul atau disebut juga subsubjudul, kita dapat menggunakan Heading 3.
- Setelah semua judul dan subjudul telah diberi Heading, kita dapat melihat apakah hirarki judul dan sub judul kita telah benar menggunakan Navigation. Apabila ms.word kita belum disetting navigation maka dapat dilakukan pengaturan masuk ke menu View lalu centang Navigation Pane. Perhatikan gambar berikut:
- Terakhir adalah memunculkan daftar isi yang diinginkan. Pastikan kursor telah dipindahkan ke halaman kosong yang ingin kita gunakan sebagai tempat daftar isi. Caranya pilih menu Reference lalu klik table of contents sebelah kiri ujung lalu pilih jenis daftar isi yang diinginkan. Perhatikan gambar berikut:
- SELESAI.
Comments
Post a Comment