Skip to main content

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java GUI

Dengan memanfaatkan Java GUI dari NetBeans kita bisa membuat aplikasi kalkulator dengan bahasa pemrograman Java.
Cara Membuat Kalkulator Dengan Java GUI
Java GUI adalah sarana membuat UI sebuah aplikasi berbasis Desktop dengan bahasa pemrograman Java. Kita dimudahkan dalam membuat bagian-bagian seperti text area, text field, button dll. Ketika serangkaian bagian tersebut telah kita bangun maka kita bisa langsung mengaksesnya menggunakan id atau variable name pada objek UI tersebut.

Lalu bagaimana dengan membuat kalkulator menggunakan JAVA GUI ini..Berikut adalah tahap-tahap yang harus kamu lakukan :

Membuat Layout Atau Tampilannya

Buatlah layout kalkulator yang kamu inginkan. Tampilan boleh beda dan sesuka hati kamu. Berikut contoh layout yang bisa kamu buat :
Membuat Layout Atau Tampilan Kalkulator Java
Layout tersebut bisa dibuat dengan drag and drop dari Pallete.

Menamai Variable Name Setiap Button

Namai variable name sesuai dengan nama button atau komponen tersebut, misalnya button "1" maka berilah variable name "satu" atau button perkalian beri variable name "kali" dan field text beri variable name "layar". Perhatikan gambar beikut :
Variable Name kalkulator Java

Melakukan Action Performed Pada Setiap komponen

Double click pada objek atau komponen yang akan diberikan actionperformed. Lalu masukan perintah masing-masing seperti code dibawah :

    private void satuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"1");
    }                                    

    private void duaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"2");
    }                                   

    private void tigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"3");
    }                                    

    private void empatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"4");
    }                                     

    private void limaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"5");
    }                                    

    private void enamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"6");
    }                                    

    private void tujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"7");
    }                                     

    private void delapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"8");
    }                                       

    private void sembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"9");
    }                                        

    private void nolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"0");
    }                                   

    private void titikActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+".");
    }                                     

    private void kaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="kali";
        layar.setText("");
    }                                    

    private void samadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                           
        // TODO add your handling code here:
        if(oprasi=="kali"){
            layar.setText(Float.toString(a*Float.parseFloat(layar.getText())));
        }else if(oprasi=="bagi"){
            layar.setText(Float.toString(a/Float.parseFloat(layar.getText())));
        }else if(oprasi=="tambah"){
            layar.setText(Float.toString(a+Float.parseFloat(layar.getText())));
        }else if(oprasi=="kurang"){
            layar.setText(Float.toString(a-Float.parseFloat(layar.getText())));
        }
    }                                          

    private void clearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText("");
    }                                     

    private void bagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="bagi";
        layar.setText("");
    }                                    

    private void tambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="tambah";
        layar.setText("");
    }                                      

    private void kurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="kurang";
        layar.setText("");
    } 
Setelah itu cobalah run.

Selesai..

Download Project di sini.

Terima kasih.

Comments

  1. gan, coba tambahkan 1+2+3 KOK hasilnya 5,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cuma nampung 2 bilangan gan, jadi yang ke itung cuma 2+3 nya ..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

cara membuat menu Dropdown pada web responsif menggunakan Bootstrap

Menu Dropdown adalah menu yang berisi submenu dan submenu akan muncul jika tombol menu ditekan. Dan jika menu tersebut dibuat pada web responsif maka tampilan menu akan menyesuaikan dengan ukuran layar device yang digunakan untuk membuka halaman web. Dengan membuat menu pada web responsif memungkinkan pengunjung web yang membuka halaman web menggunakan smartphone akan mendapat tampilan desain web yang baik dan rapih, sehingga memudahkan pengunjung menjelajahi halaman sebuah web responsif. Lalu bagaimana cara membuat menu Dropdown pada web responsif menggunakan Bootstrap? Kamu tinggal memanggil class untuk menu Dropdown yang disediakan oleh Bootstrap. Berikut adalah uraian bagaimana cara membuat menu Dropdown pada web responsif menggunakan Bootstrap : <!DOCTYPE html> <html> <head> <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1"> <link rel="stylesheet" href="https://maxcdn.bootstrapcdn.com/...

Membuat desain web responsif menggunakan Bootstrap

Desain web responsif adalah web dengan desain yang tampilannya dapat menyesuaikan pada semua ukuran device. Dengan demikian sebuah website akan selalu terlihat rapih jika dibuka pada semua jenis device . Banyak cara untuk membuat desain web responsif, diantaranya dengan menggunakan front-end framework dari Bootstrap. Dengan menggunakan Bootstrap kamu tidak perlu banyak menggunakan CSS, jQuery dan lainnya dalam pembuatan desain web responsif. Kamu hanya perlu memanggil atau menggunakan class yang sudah disediakan Bootstrap pada tag yang diinginkan dan otomatis tampilan web pada tag tersebut akan menjadi responsif. Lalu apa itu Bootstrap? Bootstrap adalah front-end framework gratis yang digunakan untuk pengembangan web yang lebih cepat dan mudah. Pada Bootstrap terdapat design templates berbasis HTML dan CSS untuk typography, forms, buttons, tables, navigation, modals, image carousels dan banyak lainnya, serta plugin JavaScript. Bootstrap juga memberikan kamu kemudahan...

cara membuat menu responsif pada web menggunakan Bootstrap + menu Dropdown

Ketika kamu membuat menu pada web dan tidak membuatnya responsif maka ketika device yang digunakan memiliki ukuran layar yang kecil, menu tersebut tidak akan menyesuaikan dengan ukuran layar, tetapi jika sebuah menu dibuat pada web responsif maka tampilan menu akan menyesuaikan ukuran layar device yang digunakan. Ini akan sangat berpengaruh pada keindahan atau estetika sebuah desain web. Apalagi sekarang sebagian besar orang membuka halaman web melalui smartphone yang memiliki layar jauh lebih kecil dibandingkan dengan layar komputer yang dulu orang sering gunakan untuk membuka halaman web. Maka dari itu penting untuk membuat sebuah web dengan tampilan yang baik saat dibuka menggunakan smartphone . Untuk kamu yang belum tau apa itu web responsif kamu bisa ketahui tentang Membuat desain web responsif menggunakan Bootstrap.    Untuk membuat web responsif kamu bisa menggunakan front-end framework dari Bootstrap. Lalu bagaimana cara membuat menu responsif pada web...