Dengan memanfaatkan Java GUI dari NetBeans kita bisa membuat aplikasi kalkulator dengan bahasa pemrograman Java.
Java GUI adalah sarana membuat UI sebuah aplikasi berbasis Desktop dengan bahasa pemrograman Java. Kita dimudahkan dalam membuat bagian-bagian seperti text area, text field, button dll. Ketika serangkaian bagian tersebut telah kita bangun maka kita bisa langsung mengaksesnya menggunakan id atau variable name pada objek UI tersebut.
Lalu bagaimana dengan membuat kalkulator menggunakan JAVA GUI ini..Berikut adalah tahap-tahap yang harus kamu lakukan :
Membuat Layout Atau Tampilannya
Buatlah layout kalkulator yang kamu inginkan. Tampilan boleh beda dan sesuka hati kamu. Berikut contoh layout yang bisa kamu buat :
Layout tersebut bisa dibuat dengan drag and drop dari Pallete.
Menamai Variable Name Setiap Button
Namai variable name sesuai dengan nama button atau komponen tersebut, misalnya button "1" maka berilah variable name "satu" atau button perkalian beri variable name "kali" dan field text beri variable name "layar". Perhatikan gambar beikut :
Melakukan Action Performed Pada Setiap komponen
Double click pada objek atau komponen yang akan diberikan actionperformed. Lalu masukan perintah masing-masing seperti code dibawah :
private void satuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"1"); } private void duaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"2"); } private void tigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"3"); } private void empatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"4"); } private void limaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"5"); } private void enamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"6"); } private void tujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"7"); } private void delapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"8"); } private void sembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"9"); } private void nolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"0"); } private void titikActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(layar.getText()+"."); } private void kaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: a=Float.parseFloat(layar.getText()); oprasi="kali"; layar.setText(""); } private void samadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: if(oprasi=="kali"){ layar.setText(Float.toString(a*Float.parseFloat(layar.getText()))); }else if(oprasi=="bagi"){ layar.setText(Float.toString(a/Float.parseFloat(layar.getText()))); }else if(oprasi=="tambah"){ layar.setText(Float.toString(a+Float.parseFloat(layar.getText()))); }else if(oprasi=="kurang"){ layar.setText(Float.toString(a-Float.parseFloat(layar.getText()))); } } private void clearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: layar.setText(""); } private void bagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: a=Float.parseFloat(layar.getText()); oprasi="bagi"; layar.setText(""); } private void tambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: a=Float.parseFloat(layar.getText()); oprasi="tambah"; layar.setText(""); } private void kurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { // TODO add your handling code here: a=Float.parseFloat(layar.getText()); oprasi="kurang"; layar.setText(""); }Setelah itu cobalah run.
Selesai..
Download Project di sini.
Terima kasih.
gan, coba tambahkan 1+2+3 KOK hasilnya 5,
ReplyDeleteKarena cuma nampung 2 bilangan gan, jadi yang ke itung cuma 2+3 nya ..
Delete