Skip to main content

Cara Membuat Kalkulator Dengan Java GUI

Dengan memanfaatkan Java GUI dari NetBeans kita bisa membuat aplikasi kalkulator dengan bahasa pemrograman Java.
Cara Membuat Kalkulator Dengan Java GUI
Java GUI adalah sarana membuat UI sebuah aplikasi berbasis Desktop dengan bahasa pemrograman Java. Kita dimudahkan dalam membuat bagian-bagian seperti text area, text field, button dll. Ketika serangkaian bagian tersebut telah kita bangun maka kita bisa langsung mengaksesnya menggunakan id atau variable name pada objek UI tersebut.

Lalu bagaimana dengan membuat kalkulator menggunakan JAVA GUI ini..Berikut adalah tahap-tahap yang harus kamu lakukan :

Membuat Layout Atau Tampilannya

Buatlah layout kalkulator yang kamu inginkan. Tampilan boleh beda dan sesuka hati kamu. Berikut contoh layout yang bisa kamu buat :
Membuat Layout Atau Tampilan Kalkulator Java
Layout tersebut bisa dibuat dengan drag and drop dari Pallete.

Menamai Variable Name Setiap Button

Namai variable name sesuai dengan nama button atau komponen tersebut, misalnya button "1" maka berilah variable name "satu" atau button perkalian beri variable name "kali" dan field text beri variable name "layar". Perhatikan gambar beikut :
Variable Name kalkulator Java

Melakukan Action Performed Pada Setiap komponen

Double click pada objek atau komponen yang akan diberikan actionperformed. Lalu masukan perintah masing-masing seperti code dibawah :

    private void satuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"1");
    }                                    

    private void duaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"2");
    }                                   

    private void tigaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"3");
    }                                    

    private void empatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"4");
    }                                     

    private void limaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"5");
    }                                    

    private void enamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"6");
    }                                    

    private void tujuhActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"7");
    }                                     

    private void delapanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"8");
    }                                       

    private void sembilanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"9");
    }                                        

    private void nolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+"0");
    }                                   

    private void titikActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText(layar.getText()+".");
    }                                     

    private void kaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="kali";
        layar.setText("");
    }                                    

    private void samadenganActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                           
        // TODO add your handling code here:
        if(oprasi=="kali"){
            layar.setText(Float.toString(a*Float.parseFloat(layar.getText())));
        }else if(oprasi=="bagi"){
            layar.setText(Float.toString(a/Float.parseFloat(layar.getText())));
        }else if(oprasi=="tambah"){
            layar.setText(Float.toString(a+Float.parseFloat(layar.getText())));
        }else if(oprasi=="kurang"){
            layar.setText(Float.toString(a-Float.parseFloat(layar.getText())));
        }
    }                                          

    private void clearActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        layar.setText("");
    }                                     

    private void bagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="bagi";
        layar.setText("");
    }                                    

    private void tambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="tambah";
        layar.setText("");
    }                                      

    private void kurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        a=Float.parseFloat(layar.getText());
        oprasi="kurang";
        layar.setText("");
    } 
Setelah itu cobalah run.

Selesai..

Download Project di sini.

Terima kasih.

Comments

  1. gan, coba tambahkan 1+2+3 KOK hasilnya 5,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cuma nampung 2 bilangan gan, jadi yang ke itung cuma 2+3 nya ..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pemrograman Java : Cara getText dan setText Pada Java GUI

Pada Java GUI untuk mendapatkan text yang user input kamu harus mengambil text dari text area atau bisa juga text field. Untuk melakukannya bisa menggunakan fungsi getText() yang ada pada Java. getText() adalah fungsi yang ada pada Java untuk mengambil teks yang diinput pada form. Lalu untuk memunculkan sebuah teks pada text area atau text field  dapat menggunakan fungsi setText(). Akan diberikan contoh form sebagai berikut untuk lebih memahami penggunaan setText() dan getText() pada Java. Berikut adalah Cara getText dan setText Pada Java GUI : Buatlah form pada JFrame seperti gambar diatas. Caranya hanya tinggal klik kanan pada package yang diinginkan new-->JFrame Form... Lalu buat form seperti berikut: Berikan nama variabel pada text field  sesuai kegunaan. Contohnya text field  jurusan akan diberi nama variabel "jurusan". Caranya klik kanan pada text field yang dikehendaki lalu pilih Change variable name. Ini untuk memudahkan menggunaka...

Pembahasan Dan Contoh Algoritma Array

Array adalah type data yang mengacu sekumpulan elemen  bertipe sama melalui indeks. Memiliki sifat tersusun secara terurut dan memiliki indeks. Contoh :   A : array[1..10] of char  TNamaHari : array[1..7] of string TJumHari : array[1..12] of integer Contoh Pemakaian Array Program NamaHari Kamus TNamaHari :  array[1..7] of string HariKe : integer Algoritma   TNamaHari[1]←”Senin”   TNamaHari[2]←”Selasa”   TNamaHari[3]←”Rabu”   TNamaHari[4]←”Kamis”   TNamaHari[5]←”Jumat”   TNamaHari[6]←”Sabtu”   TNamaHari[7]←”Minggu”   input (HariKe)   output(TNamaHari[HariKe]) Contoh di atas adalah contoh array dengan jumlah indeks 7, dan setiap indeks diisi dengan nama-nama hari. Mengisi array bisa dilakukan dengan membuat sistem/algoritma pengulangan sampai jumlah indeks array yang dibutuhkan atau tersedia. Lalu disetiap pengulangan dimasukan nilai data pada indeks array. Skema Pemrosesan Array Skema ...

Pembahasan Dan Contoh Algoritma Pengurutan | Algoritma Sorting

Algoritma pengurutan / sorting  adalah algoritma yang digunakan untuk mengurutkan sekumpulan baris angka. Biasanya diurutkan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya. Jenis-jenis pengurutan secara umum : Pengurutan internal Pengurutan data dalam memori internal, biasanya memakai tabel Pengurutan eksternal Pengurutan data dalam memori sekunder, biasanya volume data besar Metoda pengurutan internal Selection sort Insertion sort Bubble sort Berikut contoh-contoh pengurutan dan Algoritmanya : Maksimum Sort Salah satu algoritma untuk mengurutkan angka dari terbesar ke terkecil. Perhatikan pola algoritma ini pada gambar di bawah untuk memahami bagaimana pola algoritma yang terjadi saat mengurutkan angka: Procedure Maxsort ( input/output T:Tabint,                                           input N:integer) Kamus pass,i:integer ...