Kali ini kamu akan membaca tutorial membuat lingkaran dengan implementasi persamaan umum lingkaran pada bahasa pemrograman Java.

Buat Class Lingkaran
Class ini berisikan algoritma dari implementasi persamaan umum lingkaran.
import java.awt.Color; import java.awt.Dimension; import java.awt.Graphics; import java.awt.Graphics2D; import java.awt.image.BufferedImage; import static java.lang.Math.sqrt; import javax.swing.JPanel; public class Lingkaran extends JPanel { BufferedImage gambar; int x, y, r; public Lingkaran(int x, int y, int r) { this.x = x; this.y = y; this.r = r; CirclePolar(x, y, r); } public void CirclePolar(int xc, int yc, int r){ gambar = new BufferedImage(300, 300, BufferedImage.TYPE_INT_ARGB); double x, y; for(double i = 1.0/r; i <= 2 * Math.PI; i += 1.0/r){ y = yc + r * Math.sin(i); x = xc + r * Math.cos(i); gambar.setRGB((int) x, (int) y, Color.black.getRGB()); }repaint(); } public Dimension getPreferredSize() { return new Dimension(gambar.getWidth(), gambar.getHeight()); } public void paintComponent(Graphics g) { super.paintComponent(g); Graphics2D g2 = (Graphics2D) g; g2.drawImage(gambar, null, null); } }
Buat Main-nya
import java.awt.Color; import javax.swing.JFrame; public class main { public static void main(String[] args) { // TODO code application logic here JFrame frame = new JFrame("Lingkaran"); Lingkaran panel = new Lingkaran(150,150,100); frame.add(panel); frame.pack(); frame.setVisible(true); frame.setResizable(true); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); } }Itulah cara Membuat Lingkaran Dengan Java.
Terima kasih.
Baca juga :
Comments
Post a Comment